Mengatasi TV Muncul Garis Horizontal Pada Layar

Standard
TV Muncul Garis Horizontal
Baik sob kali ini saya akan sedikit berbagi pengalamn saya, yang sudah saya jalani beberapa tahun ini, kali ini saya bukan membahas soal blogging tetapi saya akan membahas tentang cara memperbaiki TV yang rusak, karena muncul garis horizontalnya saja, dan tidak ada gambarnya sama sekalai, nah biasanya ini terjadi karena supply dari blok vertikal tidak mengarah ke yoke atau defleksi, akibatnya muncullahdilayar seperti itu, bagaimana mengethui hal ini, dan bagaimana jalan keluarnya..? oke saya coba bantu sobat yang mau belajar mungkin punya masalah seperi ini,

 

  • pertama-tama kita cek dulu tegangan listrik yang menuju ke blok vertical, apakah normal atau tidak normal atau tidak.
  • coba lihat solderan pada blok vertikal mungkin ada yang sudah retak, biasanya tv yang sudah lama kemungkinan solderan retak itu sangat besat, alangkah baiknya di solder ulang saja
  • bila masih belum, bisa coba copot saja IC vertikanya, dan tes dengan avometer, apakan mati atau tidak, jika sobat tidak bisa mengetesnya, lebih baikĀ  ganti dengan yang baru, harganya juga tidak terlalu mahal biasanya kalau untuk tv SHARP dan TV Cina itu tidak lebih dari sepuluh ribu, sekitar delapan ribuanlah kalau di daerah saya.
  • Nah bila masih belum bisa juga sekali lagi lihat apakan ada jalur yang terputus di daerah vertikal, karena masalah ini biasanya terjadi paling mungkin di daerah blok vertikal.
  • lihat juga yoke atau defleksi apakah juga sudah normal, biasanya kalau garisnya agak besar atau lebar yokenya konslet, sudah rusak.
  • apabila rangkaiana vertikan sudah kita perbaiki seperti tadi dan tidak ada efeknya sama sekali, kemungkinan besarnya terjadi kerusakan pada IC blok atau IC paling Besar yang mempunyai banyak kaki, nak untuk mengatasi hal ini kita harus menggantinya juga dan biasanya IC ini mahal, tergantung merek TVnya,.

Baik itu saja dari saya semoga bermanfat buat sobat yang lagi ngoprek TV atu monitor, semua masalah pada TV itu memang tidak bisa kita tebak bagian mana yang kita anggap itu rusak, maka dari itu pintar pintarlah kita untuk menganalisanya, saya yakin dengan keuletan kita pasti bisa.
sejauh pengalaman saya dalam dunia oprek elektronik, semua masalah pada TV itu memang sulit di tebak, kadang kadang mudah kadang-kadang juga sulit untuk mengetahui letak permasalahan tersebut.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

2 Comments

Leave a Reply