Naskah Drama 6 Orang – Tema Kejujuran

Standard

Naskah Drama 6 Orang yang ceritanya ini adalah tentang kejujuran, karena kejujuran menjadi senjata kita untuk bisa sukses di masa yang akan datang nanti, bagaimana kisahnya Naskah Drama 6 Orang ini, mari kita simak saja langsung alur ceritanya drama ini.

 

KERANGKA DRAMA

1.       Tema : kejujuran

2.       Alur : Maju

a.        exposisi

·         Fandy

·         Hafiz

·         syukra
4. sri
5. widya
6. Messa

b.      Konflik

Fandy menemukan sebuah dompet yang terjatuh tidak jauh dari halte

c.       Komplikasi

Hafiz menghasut fandy agar fandy tidak mengembalikan dompet tersebut kepada pemiliknya.

d.      Klimaks

Fandy dan hafiz ketahuan oleh syukra membagi bagi uang yang bukan milik mereka

e.      Antiklimaks

Syukra menasehati fandy dan hafiz agar tidak memakan hak orang lain dengan mengembalikan dompet tersebut kepada si pemiliknya

f.        Konklusi

fandy dan hafiz kemudian pergi untuk mengembalikan dompet tersebut kepada pemiliknya

3.       perwatakan/penokohan

a.       protagonis : Fandy

b.      antagonis : Hafiz

c.       tritagonis : Syukra

d.      figuran :

Messa
Widya
Sri

4.       Latar

a.        tempat

didekat halte dan dirumah

b.      waktu/ruang

siang hari

c.       sosial

hafiz berasa ingin buang air kecil, kemudian dia buang air sembarangan dipohon besar dekat halte

NASKAH DRAMA SATU BABAK

Beberapa murid keluar dari sekolah untuk pulang.

Fandy dan hafiz kemudian pulang kerumah mereka yang bertetanggaan.hafis kebelet pipis jadi dia pipis sembarangan pohon besar dekat halte.

Hafiz : fan aku pipis bentar dulu yaaa. Udah dari tadi nih kebeletnya!

Fandy : ya elaaaa. Cepetan dikit yaaa. Ntar emak aku marah marah gara gara aku telat pulangnya!

Hafiz : iyee iyee. Bawel banget sih emak kamu! Hahaha

Setelah itu fandy melihat sesuatu didekat pagar tanaman gak jauh dari halte.

Fandy : apaan tuh? Barang ronsokkan kayaknya. Kan bisa aku jual ke hafiz. Hehe

Setelah itu hafiz menyusul fandy!

Hafiz : apaan tuh? Dompet? Dompet siapa? Dimana kamu nemunya? Kapan kamu dapetnya? Atau gak kamu maling yaaaa?

Fandy : apaan sih kamu. Nanya tu satu satu dong. Bingung tau gak aku jawabnya! Aku Cuma nemu ni dompet di sini. Aku juga gak tau dompet siapa. Aku buka aja belum!

Hafiz : buka dong cepetan!

Fandy : iya iya bentar!

Fandy dan hafiz : waaaaaaawh. Ada duiiiiit !!

Fandy : ada KTP nya nih alias kartu tanda pelajar!

Hafiz : iya nih. Kayaknya KTP si pemilik dompet ini!

Fandy : iya ya. Alamatnya sih gak jauh dari sini. Yuuk kita balikin!

Hafiz : gak usah deh! Buat apa kita balikin toh gak ada untungnya buat kita! Mending kita pake duit ini buat keperluan kita! Kita bagi dua aja gimana?

Fandy : enggak ah. Gila kamu yah. Itukan makan hak orang! Gimana kalau orang yang punya dompet lagi kebingungan nyari dompetnya?

Hafiz : IDD alias itu derita dia!! Siapa suruh dia ceroboh coba? Kan salah dia! Dompet ini kan udah jadi milik kita jadi terserah kita dong mau make nya buat apa!

Fandy : iya yah. Yaudah deh. Kita bagi dua aja! Yaudah pulang yuk!

Mereka berdua pulang kerumah masing masing. Dan tidak beberapa lama hafiz kerumah fandy

untuk mengajak fandy bermain bersama.

Hafiz : fandy, fandy main yuuuuk!

Sri : eh ada hafiz! Masuk dek! Fandy nya lagi disuruh mamanya buat ngerjain pr dulu baru boleh main keluar!

Hafiz : iya kak. Makasih ya kak.

Sri : hafiz mau minum apa? Biar kakak buatin!

Hafiz : gak usah aja kak. Ngerepotin nanti kak!

Sri : enggak kok. Kan Cuma buatin air minum. Kecuali kamu nyuruh kakak buat ngerjain pr mat kamu. itu baru ngerepotin

Hafiz : hahahaha kakak bisa aja deh. Air putih dingin aja deh kak!

Sri : oh iya. Tunggu bentar yaaa

Kemudian datang lah mama fandy ingin mengobrol dengan hafiz.

Widya : eh ada nak hafiz yah

.

Hafiz : iya tan. Tante apa kabar?

Widya : baik kok. Mau ngajak fandy main yah?

Hafiz : mmm ya tan. Tan aku boleh nanya gak?

Widya : boleh kok. Mau nanya apa?

Hafiz : kenapa fandy buat pr nya mesti sekarang tan. Kan nanti malam bisa!

Widya : iya sih. Tapi kalau nanti malam fandinya ketiduran. Jadi repot kan!

Hafiz : hooo gitu ya tan. Yaudah deh. Nunggu bentar kan juga gak papa ya tan!

Widya : hahaha iya!

Sri : hafiz ini minumnya yaaa. Diminum kamuh.

Hafiz : iya kak. Aman tu!

Sri : mama bukannya ada arisan RT sekarang ?

Widya : hoalah. Iyaa mama lupa. Gara gara keasikan ngomong sama hafiz nih! Hahah mama pergi dulu yaaa. (berteriak pelan) fandy, mama pergi dulu yaaa sayang, ada arisan

Fandy : iya maa.

Tidak beberapa lama kemudian

Hafiz : si fandy nih lama banget sih ngerjain pr nya. Aku aja ngerjain pr nya gak sampe setengah jam udah selesai.

Fandy : eh sorry yaa. Kelamaan yaa? Habis, prnya banyak banget!
(sambil berjalan pergi ke halaman depan rumah)

hafiz : udah deh, kamu gak usah ngeles. Aku udah tau kok, emang otak kamu aja yang paspasan. Bilang aja susah!

Fandy : biarin.

Dihalaman depan rumah atau yang biasa disebut teras mereka duduk bersama. Fandy

mengeluarkan dompet yang mereka temukan didekat halte dan membagi isi yang ada

didalamnya dengan hafiz.

Hafiz : cepetan dong, kamu lama banget sih!

Fandy : iya nihhh. Isinya ada 800ribu. kalau kita bgi dua jadi kamu dapet 400ribu aku juga 400ribu! Disini juga ada kartu ATM nih!!

Hafiz : biarin aja deh tu. Gak penting!

Tiba-tiba syukra datang kerumah fandy. (temen deket kakaknya fandy)

Syukra : eh ada fandy sama hafiz. ngapain kalian berdua ada disini. Biasanya kalian main layang layang. Eh itu apaan? Duiit siapa tuh ha?

Hafiz : duit kita kok!

Syukra : gak mungkin deh. Kalian kan masih kecel. Mana ada orang tua ngasih anaknya duit banyak! Abang tanya sama kakak sri yaa?

Fandy : enggak enggak bang. Ini bukan duit kita. Tapi duit kita nemu di jalan bang.

Syukra : trus kenapa kalian bagi bagi kayak gini?

Fandy : hafiz yang nyuruh bang.

Syukra : coba abang liat (sambil memeriksa dompet tersebut) ini kan ada Kartu Tanda Pelajar nya. Kalian kan bisa liat alamatnya. Lagian juga gak jauh dari sini alamatnya!

Fandy : tadi rencananya sih fandy mau balikin bang. Tapi kata hafiz gak usah.

Syukra : kok kayak gitu? Kita gak boleh gitu. Itu namanya makan hak orang lain.

Fandy : aku udah ngomong kayak gitu sama hafiz tapi dia bilang kan itu bukan urusan kita. Salah dia kenapa dia ceroboh.

Syukra : maka dari itu kita kembalikan dompet dia dan bilang jangan sampai ceroboh lagi. Jadikan lah ini pelajaran buat dia agar gak jadi orang ceroboh. Itu berpahala loo.

Hafiz : maaf bang, aku hilaf.

Fandy : yuk kita pergi balikin dompet ini keorangnya!

Mereka berdua kemudian pergi kerumah sipemilik dompet untuk mengembalikan dompet

tersebut!

Hafiz : ASSALAMU’ALAIKUM.

Messa : WAALAIKUMSALLAM. Siapa?

Hafiz : apakah betul ini rumahnya messa nasti

Messa : ya betul ada apa ya? Dan kalian siapa?

Fandy : saya fandy dan ini temen saya hafiz. Kami berdua kesini buat ngembaliin dompet ini.

Messa : dompet ? tunggu sebentar saya cek dulu. Silah kan masuk!

Messa pergi masuk kedalam kamarnya untuk memeriksa dompetnya sedangkan fandy dan

hafiz duduk dan memerhatikan rumah itu.

Messa : waaah iya dompet saya hilang terimakasih kalian sudah mengembalikan dompet saya. Kalian baik sekali.

Hafiz : tidak apa. Itu sudah kewajiban kami.

Fandy : ya betul

Messa : sekali lagi terimakasih yaa

Fandy dan hafiz : ya. Sama sama!

 

referensi http://carapedia.com

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply